Minggu, 16 April 2017

Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Power Point dan Ispring Suite 9

Kreatif, inovatif dan menyenangkan adalah ciri-ciri guru profesional, untuk itu dalam postingan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu terkait pembuatan media pembelajaran interaktif dilengkapi dengan pembuatan evaluasi berupa tes pilihan ganda (PG).

Software yang dibutuhkan dalam pembuatan media pembelajaran kali ini khususnya penyajian materi pembelajaran tidak terlalu sulit didapatkan, karena saya yakin setiap PC atau leptop tentu telah memiliki sofware tersebut, karena selain tampilannya yang keren juga mudah dalam penggunaannya, saya yakin deh agan semua pasti bisa! software tersebut adalah Microsoft Power Point.

Power Point adalah pilihan aplikasi yang paling mudah dalam hal pembuatan media pembelajaran, meskipun tidak selengkap aplikasi lain seperti Adobe Captive, Lectora Inspire, macromedia flash 8 , adobe director dan lain sebagainya, namun power point sudah memiliki fitur atau tool-tool yang sudah bisa dibilang lengkap (bukan sangat lengkap ya) apalagi dikolaborasi dengan soal tes interaktif dengan menggunakan Ispring Suite 9 (versi terbaru)  pasti tidak kalah menarik dengan software-software pembuatan media pembelajaran yang lain. 

Ispring Suite 9 adalah aplikasi yang mampu membuat berbagai macam bentuk soal, baik itu soal benar salah, essay, PG dan lain-lain, aplikasi ini juga memiliki fitur animasi yang juga tidak kalah menarik dengan aplikasi pembuatan soal lainnya, selain itu juga salah satu kelebihan aplikasi ispring suite 8 adalah dalam pemberian point untuk setiap butir soal, kita dapat memasukan nilai dalam bentuk koma desimal, kalau aplikasi yanglain misalnya Quiz Creator, Articulate tidak dapat memasukan point dalam bentuk desimal, sehingga point-pointnya harus dalam bentuk bilangan bulat.

Dalam posting kali ini saya  dapat bagikan aplikasi Ispring Suite 9 yang bisa fi download di link 👇full versi.

Persiapkan bahan-bahan pembuatan media sebagai berikut:
  1. Microsoft Office Power point 2007, 2010, 2016, 2019 atau yang lebih tinggi( semua office suport dengan ispring suite)
  2. Download Ispring Suite (32bit) (64bit)  dan instal (cara instalnya sama dengan penginstalan aplikasi yang lain)
  3. Siapkan Gambar, animasi, video dan bahan yang lain yang dibutuhkan dalam pembuatan materi pembelajaran maupun pembuatan soal.
Untuk cara pembuatan media dan soal interaktif nya dapat dikunjungi dan didownload pada link dibawah!.. terimakasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar